Selasa, 27 Januari 2009



OBAMA BERBAHASA INDONESIA
Sabtu, 24 Januari 2009 | 02:00 WIB
Washington, Kamis - Presiden AS Barack Obama menyapa menggunakan bahasa Indonesia salah seorang diplomat AS yang pernah bertugas di Indonesia. Perbincangan singkat tersebut terjadi pada saat Obama mengunjungi Departemen Luar Negeri AS pada hari kedua masa jabatannya, Kamis (23/1) di Washington.

”Selamat siang, Bapak,” ujar Charles Silver, mantan Public Affair Counselor di Kedutaan Besar AS di Jakarta.

”Terima kasih, apa kabar?” jawab Obama dengan cepat.

”Baik, baik,” jawab Silver lagi. Silver mengatakan kepada Obama bahwa dia pernah bertugas di Indonesia beberapa kali. Presiden Obama memuji aksen bicaranya. Dia juga mengatakan bahwa seandainya nanti berkunjung ke Indonesia dia ingin mengunjungi tempat tinggalnya di Menteng, Jakarta.

Obama pernah tinggal beberapa tahun di Jakarta bersama dengan ibunya, Stanley Ann Dunham.

Dalam kunjungannya ke Departemen Luar Negeri, Obama didampingi oleh Wakil Presiden Joseph Biden, Menlu Hillary Clinton, dan Penasihat Keamanan Nasional Jenderal James L Jones. Dalam kunjungan tersebut, Obama mengumumkan nama-nama utusan khusus yang ditunjuknya untuk Timur Tengah, serta perwakilan khusus untuk Afganistan dan Pakistan.

”Kita dihadapkan pada tantangan global yang luar biasa rumit dan saling berhubungan. Kemajuan tidak datang dengan cepat dan mudah. Kita pun tidak bisa menjanjikan untuk memperbaiki semua kesalahan yang terjadi di dunia, tetapi kita bisa menjanjikan untuk menggunakan semua unsur kekuatan AS untuk melindungi rakyat dengan diplomasi yang berprinsip, fokus, dan berkesinambungan,” ujar Obama. (*/joe)

Share on Facebook - Beri Rating Artikel - ---------- Sangat Baik Baik Cukup Kurang Sangat Kurang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar